busi mobil paling bagus

Mengenal Bagian-bagian dari Busi Mobil

Diposting pada

Busi Mobil – Anda memiliki sebuah mobil? Mengenal  komponen-komponen yang ada pada mobil adalah hal yang dasar untuk diketahui bukan? Salah satu komponen yang penting pada mesin mobil adalah busi. Tahukah kamu tentang bagian-bagian yang ada pada busi mobil?

Mengenal bagian yang ada pada busi mobil sangat perlu untuk diketahui. Bukan hanya mengerti bagian-bagian busi mobil saja, tapi ada baiknya Anda juga harus bisa merawat busi mobil dengan benar. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan mengenai busi mobil di bawah ini

Pengertian Busi Mobil

Busi berasal dari bahasa Belanda yaitu, bougie. Di mana arti busi adalah alat yang dipasang pada mesin yang ujung elektrode berada di dalam ruang bakar. Busi sendiri memiliki bagian-bagian yang perlu untuk dimengerti. Bagiian-bagian yang ada pada busi adalah sebagai berikut.

Bagian-Bagian Busi

  1. Terminal
    Pada puncak busi mobil terdapat sebuah terminal yang digunakan untuk menghubungkan busi pada sistem ignition. Pada umumnya busi mobil ini memiliki bentuk konektor berupa sebuah plug. Akan tetapi ada juga model busi yang menggunakan terminal kabel dan memerlukan kunci untuk memasang kabel busi lagi.
  2. Insulator
    Bagian utama dari insulator biasanya terbuat dari bahan porselen atau keramik. Fungsi utama dari insulator adalah untuk memberikan topangan mekanik bagi inti elektroda yang berada di tengahnya. Fungsi ini sekaligus juga sebagai isolator elektrik terhadap tegangan tinggi yang akan mengalir di inti elektroda.
  3. Ribs
    Pada setiap busi bentuknya hampir sama, terdapat lekuk-lekuk pada bagian insulatornya. Lekuk-lukuk busi inilah yang dinamakan ribs. Ribs sendiri bekerja untuk menambah kemampuan insulator dari keramik.
  4. Insulator trip

Trip adalah bagian ujung dari insulator, trip ini terdapat di dalam body besi bagian kepala dari busi. Insulator trip ini akan mengalami peristiwa pembakaran yang terjadi pada ruang bakar. Sehingga  material yang digunakan pada trip harus tahan terhadap temperatur tinggi sekaligus mampu menjadi insulator yang baik.

  1. Seal
    Seal berfungsi agar kompresi dari ruang bakar tidak ada yang keluar melalui celah derat busi.
  2. Metal Case
    Fungsi dari metal case adalah sebagai sarana untuk mengunci busi ke silinder head. Fungsi lain dari metal case juga sebagai material konduksi yang memiliki daya hantar panas yang baik. Sehingga panas dari busi dapat dikonduksikan ke tempat lain, fungsi terakhir dari metal case juga sebagai ground pada busi.
  3. Center Electrode

Center elektroda adalah bagian pada busi yang terhubung dengan terminal. Hubungan ini terjadi pada kepala busi melalui penghubung internal yang diselubungi oleh keramik insulatornya.

Pada umumnya material yang paling sering digunakan untuk membuat central electrode adalah cupprum, copper atau tembaga.

  1. Ground

Ground atau elektroda side merupakan bagian dari ujung busi yang bersentuhan langsung dengan body atau ground kendaraan. Jadi ground adalah perjalanan terakhir dari api koil. Elektron akan melompat dari elektroda inti menuju ke ground terdekat..

Oleh sebab itu  bahan elektroda seharusnya mempunyai daya hantar panas yang bagus dan mampu menahan temperatur yang tinggi. Nah, logam yang mampu mengatasi persyaratan tersebut adalah campuran antara nikel dan kromiumbarium.

Maka dari itu, sangat disarankan bagi Anda untuk mengecek dan memelihara kebersihan dari busi setiap saat. Dengan begitu, mesin mobil Anda pun tidak rewel sehingga perjalanan Anda pun bisa lancar tanpa mengalami gangguan.

Perawatan pada busi bisa Anda lakukan dengan membersihkan kerak-kerak hitam dengan menggunakan amplas hingga bersih. Setelah bersih, maka pasanglah kembali busi tersebut dengan hati-hati.

Lalu sebenarnya apa sih fungsi dari busi mobil itu sendiri? Seberapa pentingnya keberadaan busi pada kendaraan Anda? Berikut adalah 5 fungsi busi yang perlu Anda ketahui.

5 Fungsi Busi Mobil

  1. Pembakar bensin

Fungsi busi adalah untuk membakar bensin yang telah dikompres oleh piston. Hasil pembakaran tadi kemudian menghasilkan tenaga yang dapat menghidupkan mesin mobil secara sempurna. Oleh karena itu, jika busi di mobil Anda sedang bermasalah maka kemungkinan proses pembakarannya juga tidak akan optimal.

Sehingga jangan heran jika mesin mobil Anda bisa hidup dan berjalan namun tidak maksimal dan terkesan tersendat-sendat. Tidak mau kan itu terjadi pada mobil Anda?

  1. Cadangan Aki

Jika aki pada mobil yang Anda miliki sudah tidak bisa diandalkan lagi, tenang! Masih  ada cadangan listrik lainnya, yakni busi. Sebab  pada bagian tengah busi terdapat elektroda yang dihubungkan dengan kabel ke koil pengapian.  Sehingga nantinya terciptalah listrik dengan besaran daya tertentu.

Hanya saja, Anda tidak bisa mengandalkan kelistrikan pada kendaraan bermotor pada busi terus menerus. Hal itu dikarenakan kinerja busi nantinya akan semakin bertambah. Dengan begitu, busi Andapun tidak akan bisa bertahan lama.

  1. Menghidupkan Mesin Mobil

Fungsi dari busi inilah yang paling penting. Percuma jika Anda memiliki sebuah mobil bagus dan mahal, tetapi mesinnya tidak memiliki tenaga dan berperforma. Untuk mendapatkan fungsi busi yang optimal, maka ceklah busi Anda. Bersihkan busi-busi tersebut jika kotor.

Jika ada yang harus diganti, segera gantilah, jangan menunggu terlalu lama untuk membiarkannya seperti itu. Sebab bisa jadi kerusakan yang ada pada busi akan merembet hingga bagian mesin mobil yang lain.

Mesin mobil yang bagus suaranya akan selalu terdengar lembut dan tidak berisik. Saat Anda mengendarainya pun tidak terasa tersendat-sendat.. Oleh karena itu, rajin-rajinlah selalu mengecek busi mobil Anda ya.

  1. Menghasilkan Listrik

Pernahkah Anda menguji busi Anda? Apakah masih bagus fungsinya atau sudah tidak? Kalau belum, coba percikan gas pada busi saat didekatkan pada logam, di mana mesin dihidupkan. Hal tersebut berarti menandakan bahwa busi tersebut masih bagus.

Percikan itu disebabkan oleh temperatur yang terjadi pada pembentukan listrik. Jika diibaratkan percikan itu seperti halilintar atau petir tetapi berukuran kecil. Uji coba tadi juga menandakan bahwa busi bisa menghasilkan listrik jika digunakan dengan sebaik-baiknya.

Tanpa  kehadiran listrik berarti tidak mungkin mesin mobil Anda bisa menyala nantinya. Jadi ya lagi-lagi memang disarankan pada Anda sebagai pemilik mobil untuk selalu merawat busi.

  1. Menjaga Mobil Tetap Stabil

Fungsi dari busi yang terakhir adalah bisa menjaga mesin mobil menjadi lebih stabil. Tentu saja dengan catatan, kondisi busi Anda masih bagus dan tidak bermasalah. Sebab busi sudah harus diganti jika ada banyak kotoran kerak-kerak di bagian ujungnya.

Busi dengan kerak seperti itulah yang akan membuat mesin mobil tersendat-sendat. Bahkan, bukan tidak mungkin mesin mobil Anda jadi mogok di tengah jalan. Tidak mau itu terjadi bukan?

Oke, jadi seperti itulah pengertian dari busi mobil, bagian-bagian busi dan juga fungsi dari busi mobil. Mengingat pentingnya keberadaan dari busi mobil, rawatlah selalu busi mobil Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *