Cara Memilih Oli Motor Terbaik

Cara Memilih Oli Motor Terbaik

Diposting pada

Cara Memilih Oli Motor Terbaik – Mungkin kita sering mendengar suara motor yang kita miliki menjadi tidak enak didengar. Nah, keadaan seperti itu biasanya karena olinya sudah tak layak pakai. Berikut ini kita akan membahas tentang cara memilih oli motor terbaik.

Memilih oli motor tidak boleh sembarangan. Sebab jika salah pilih maka motor justru akan lebih mudah rusak. Ibarat manusia, mesin akan menjadi tua sebelum waktunya. Kebayang kan bagaimana rasanya.

Untuk itu, cara memilih oli motor terbaik harus kita kuasai. Paling tidak kita bisa menjaga prforma motor sendiri. Kebanyakan dari kita lebih suka memilih oli berdasarkan merknya. Padahal masing-masing motor dibekali dengan konstruksi mesin yang berbeda.

Alhasil, oli yang dipakai juga berbeda. Tidak mungkin oli khusus matic kita gunakan untuk motor yang bersistem kopling (vixion, ninja dan sejenisnya). Begitupun sebaliknya, sebab karakteristik masing-masing motor tersebut sangat berbeda.

Oleh sebab itu, sebelum membahas lebih jauh tentang cara memilih oli maka ada baiknya jika kita memahami terlebih dulu fungsi oli.

cara memilih oli mesin

Fungsi Oli Mesin

Oli merupakan salah satu komponen terpenting dari mesin. Alasannya adalah sebagai berikut:

  1. Mengurangi Gesekan

Semua kinerja mesin motor tergantung dari gesekan yang terjadi. Piston yang bergerak atas-bawah akan mengalami gesekan, sehingga jika tidak disertai dengan pelumas maka komponen yang bergesekan tadi akan cepat.

Gesekan yang terjadi sangat cepat, sehingga jika dalam beberapa detik saja tanpa oli maka komponen tersebut akan langsung terbakar. Akibatnya suara mesin menjadi sangat tidak enak. Bahkan bisa sangat menyakitkan di telinga.

Nah, oli mesin inilah yang akan menjadi pelapis dari komponen-komponen yang bergesekan tadi, sehingga mereka tidak akan bergesekan secara langsung. Hanya olinya saja yang bergesekan. Dengan kata lain, oli ini menjadi kulit atau perisainya.

  1. Sebagai Pendingin

Disamping itu, oli mesin juga sebagai pendingin. Kita tentu sudah tahu bahwa proses pembakaran yang terjadi pada silinder menghasilkan suhu yang sangat panas. Bahkan kanlpot yang menjadi pembuangan gasnya saja sudah sangat panas.

Jadi kebayang bukan seberapa panasnya mesin sebagai sumber panas tersebut. Nah, oli inilah yang akan mengurangi panas tersebut supaya mesin tidak mudah rusak. Sebab bagaimanapun juga mesin tersebut terbuat dari logam yang mudah memuai.

Jadi jika berada pada kondisi panas secara terus menerus, maka lambat laun mesin tersebut juga akan rusak. Inilah alasan mengapa kita perlu memperhatikan oli mesin yang terbaik.

  1. Sebagai Perapat

Oli mesin juga berfungsi sebagai perapat celah antara piston dan silinder. Bentuknya yang cair memungkinkan untuk bisa masuk ke semua celah meskipun sangat kecil. Sebab tidak menutup kemungkinan bahwa terdapat celah-celah yang tak kelihatan oleh mata.

Nah, dengan adanya oli mesin inilah celah-celah tersebut bisa tertutup. Hal ini juga akan menjadikan mesin bisa bertenaga sesuai dengan harapan.

  1. Sebagai Peredam

Oli juga menjadi peredam getaran. Tentunya mesin yang sedang mengalami pembakaran akan menyebabkan suara bising dan getaran yang cukup kencang. Sehingga oli mesin inilah yang akan menjadi peredam dari semua efek pembakaran tersebut.

Buktinya setelah kita ganti oli mesin biasanya suara mesin akan terasa lebih halus dan motor pun tidak begitu terasa getarannya. Bukan begitu?

  1. Sebagai Pembersih

Selain itu, oli juga bisa membersihkan kotoran yang dihasilkan oleh gesekan antar komponen mesin. Oleh sebab itulah bagian yang bergesekan akan terjaga kebersihannya. Sebab jika terdapat kotoran maka gesekan akan terganggu. Akibatnya tenaga mesin juga tidak sesuai dengan harapan.

  1. Anti Karat

Satu lagi fungsi oli yang paling penting adalah sebagai anti karat dari berbagai jenis komponen mesin. Karat biasanya terjadi akibat kotoran yang tak dibersihkan sehingga dalam keadaan kering ia akan menempel pada lapisan logam.

Nah, karena komponen mesin tersebut sudah dilapisi dengan oli maka logam tersebut akan terjaga kelembapannya. Sehingga karat pun tak akan muncul. Hal ini bisa kita buktikan dengan cara mengolesi logam yang ada di luar dengan oli.

Jenis-jenis Oli Mesin

Salah satu cara memilih oli terbaik adalah dengan cara mengetahui jenis olinya. Sebab dengan cara inilah kita akan lebih tahu mana saja oli yang cocok untuk mesin motor yang kita miliki.

Dilihat dari bahan bakarnya, oli mesin yang biasa digunakan untuk mesin dibagi menjadi 4.

  1. Oli Mineral

Oli mineral adalah oli yang bahan dasarnya dibuat dan diproses melalui penyulingan dari bahan mineral.

  1. Oli Vegetabel

Oli vegetable adalah oli yang dihasilkan dari tumbuh-tumbuhan. Jadi di alam semesta terdapat berbagai jenis tumbuhan yang menghasilkan minyak. Oli jenis ini biasanya sering digunakan untuk racing.

Namun biasanya harga dari oli yang satu ini lebih mahal dan tidak bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Sebab proses oksidasinya lebih cepat dibandingkan dengan oli lainnya.

  1. Oli Syntetic

Sedangkan oli yang satu ini dibuat dari bahan dasar petroleum misalnya ettylene. Bahan ini diproses lagi secara kimiawi supaya bisa menghasilkan viskositas yang stabil. Kelebihan dari jenis oli ini adalah karakteristiknya yang cukup stabil. Sehingga menjadi salah satu oli yang paling banyak digunakan dalam dunia perindustrian.

  1. Oli Semi-syntetic

Oli yang satu ini merupakan campuran antara oli mineral dengan oli synthetic. Biasanya oli ini harganya jauh lebih murah tetapi masih tetap memiliki performa yang cukup baik. Oleh karena itulah oli ini juga memiliki banyak penggemar.

Itulah jenis-jenis oli yang biasa dipakai dalam kendaraan. Masing-masing oli memiliki kekentalan yang berbeda-beda. Hal ini bertujuan untuk memenuhi setiap karakteristik dari mesin kendaraan.

Cara Memilih Oli Mesin Terbaik

Biasanya mesin motor matic menggunakan oli yang lebih encer dibandingkan dengan mesin lainnya. Bahkan untuk motor sport, kita butuh oli mesin yang lebih kental. Sebab gesekan yang terjadi di silinder lebih kencang.

Jadi dalam memilih oli mesin jangan asal-asalan. Kebanyakan dari kita menganggap bahwa oli yang baik adalah oli yang memiliki kekentalan lebih dibandingkan dengan yang lain. Pendapat ini memang tidak sepenuhnya keliru.

Namun hal tersebut berlaku untuk mesin yang memerlukan tenaga besar. Sementara untuk mesin yang tidak membutuhkan tenaga besar, maka oli yang lebih encer justru lebih bagus. Jadi sebelum memilih oli sebaiknya kita mengetahui terlebih dulu tentang karakteristik mesinnya.

Tetapi jika kita kesulitan untuk mengetahui jenis mesin, maka sebaiknya kita menanyakannya kepada mekanik yang sudah berpengalaman. Jadi kesimpulannya, oli mesin terbaik adalah oli mesin yang sesuai dengan kebutuhan mesin dari motor tersebut.

Nah, mulai saat ini jangan sekali-kali mencela atau meremehkan oli mesin yang tidak kita suakai. Sebab oli tersebut akan menjadi oli terbaik jika sudah bertemu dengan mesin yang pas.

Begitulah cara memilih oli motor terbaik yang bisa kita terapkan untuk kendaraan kita. Memang masih ada tahapan yang lain, namun setidaknya, dengan memakai cara memilih oli motor terbaik di atas kita sudah bisa menjaga performa mesin dengan baik. Begitu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *